Tips Merawat Kamera DSLR

By | January 13, 2016

Anda memiliki kamera DSLR? Sudah tahukah Anda cara menjaga dan merawat kamera DSLR kesayangan Anda agar terawat dan awet? Kali ini kami menyajikan tips-tips menarik untuk menjaga dan merawat kamera DSLR sehingga kamera DSLR Anda selalu tampak baru dan terawat.

Tips Merawat Kamera DSLR

Kamera DSLR merupakan salah satu benda yang sangat sensitif. Kamera DSLR membutuhkan perhatian khusus dalam hal perawatan. Menyimpan, menjaga dan merawat kamera DSLR tidak hanya bertujuan untuk menjaga penampilan fisik agar terlihat tampak baru dan terawat, tapi juga bertujuan untuk selalu mempertahankan kualitas gambar yang dihasilkan karena kamera DSLR memiliki banyak kompartmen yang cenderung sensitif. Kompartmen inilah yang menentukan kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera DSLR.

Beberapa Tips untuk menjaga dan merawat kamera DSLR :

  1. Simpan kamera DSLR di tempat yang kedap udara, sejuk, dan kering. Jauhkan dari sinar matahari. Bila memungkinkan beli saja dry cabinet agar Anda bisa mengontrol tingkat kelembapan. Jauhkan juga dari ‘kapur barus’ karena kapur barus terkenal ampuh untuk merusak kamera.
  2. Hindari dari goncangan yang berlebihan. Gunakan tas khusus kamera agar kamera aman dari goncangan dan benturan antar barang.
  3. Jangan lupa matikan kamera sebelum mengeluarkan baterai atau memory card begitu juga saat mencolokkan kamera ke komputer.
  4. Rutin bersihkan kamera seminggu sekali. Untuk bagian luar gunakan lap kering, tidak kasar, dan bersih. Sedangkan bagian dalam bisa menggunakan blower atau kuas dengan serabut halus. Untuk membersihkan lensa, semprotkan cairan pembersih lensa ke lap microfiber sedikit saja kemudian baru lap ke lensa.
  5. Hindari air laut karena kandungan garam pada air laut bersifat korosif yang dapat dengan cepat menimbulkan karat.
  6. Selalu gunakan strap kamera agar kamera DSLR kesayangan Anda tidak mudah jatuh.
  7. Untuk bagian-bagian seperti tombol, dial, memory card, focusing ring dan putaran zoom lensa jangan diputar atau dibuka secara paksa jika terjadi kemacetan dalam membukanya. Bawa ke service center atau seseorang yang paham mengenai kamera.
  8. Lakukan service kamera pada tempat-tempat service terpercaya. Jangan sekali-sekali membawa kamera Anda ke tangan yang tidak Anda percayai untuk menservice kamera DSLR anda karena itu akan berakibat sangat fatal.
  9. Anda juga bisa menggunakan filter pengaman lensa agar lensa bawaan terlindung dari debu dan goresan yang tidak diinginkan.
  10. Anda bisa memberikan silica gel agar Kamera kesayangan Anda bebas dari jamur. Pastikan juga kamera berada ditempat kering.

Itulah beberapa tips untuk menjaga dan merawat kamera DSLR Anda. Cukup Mudah, bukan? So, mulai sekarang selalu perhatikan kebersihan dan keamanan kamera DSLR Anda ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *